Filososfi Yang Menakjubkan

0 komentar
SubhanalLAH saya paling terkesan mendengar atau membaca filosofi-filosofi yang beredar di masa dulu maupun sekarang ,banyak hal yang bisa dijadikan hikmah di dalamnya,pun filosofi yang akan kupaparkan berikut ini, sungguh menakjubkan…

Al kisah seorang professor berdiri di depan kelas memberi pelajaran pada muri-muridnya. Beliau pun menggunakan alat peraga yang berbentuk sebuah tabung atau bisa disebut botol kaca yang cukup besar. Kemudian dimasukkannya bola-bola golf di dalam botol tersebut hingga penuh..kemudian bertanya pada murid-muridnya ,“ Apakah botol ini bisa dikatakan penuh?” di jawablah oleh murid-muridnya “ Iya, botol itu penuh “.

Lalu dikeluarkannya bola-bola tersebut dari dalam botol kemudian diisinya dengan batu-betu kerikil kecil hingga penuh,lalu bertanya kembali ,“ Apakah botol ini bisa dikatakan penuh?” dijawab lagi oleh murid-muridnya “ iya botol itu bisa dikatakan penuh “.

Berikutnya batu-batu tersebut diganti dengan pasir, hingga botol itu penuh,kemudian pertanyaan yang sama dilayangkan pada murid-muridnya dan dijawab dengan jawaban yang sama pula. Terakhir dituangkannya secangkir kopi ke dalam botol tersebut, sampai murid-murdnya tertawa melihat apa yang tengah dikerjakan professor.
Setelah itu, bertanyalah professor “ Apakah kalian tahu makna dari apa yang kulakukan tadi?”. Semua murudnya menjawab “ Tidak”.

Katanya…Botol kaca ini ibarat kehidupan kita..Sedangkan bola-bola golf tadi adalah hal-hal yang sangat penting dalam hidup, hingga jika memasukkannya dalam hidup kita maka sungguh dia telah memenuhi hidup ini, sampai penuh.
Batu kerikil tadi ibarat hal-hal yang penting tapi bukan prioritas dalam hidup kita, hingga jika kita memasukkannya maka diapun telah memenuhinya hingga tak ada tempat untuk hal-hal yang sangat prioritas dalm hidup.

Adapun pasir ibarat hal-hal yang tidak penting dan sekedar kebutuhan kesenangan kita saja, kalau kita memasukkannya dalam hidup maka diapun bisa memenuhinya hingga hal-hal yang sangat penting bahkan hal-hal yang penting tak bisa lagi masuk ke dalamnya. Bisa kita bayangkan bahwa hidup kita hanya terisi hal-hal yang memenuhi kesenangan kita tapi sangat tidak penting.

Tapi… kalau kita memasukkan bola golf tadi, adakah cela untuk kerikil dan pasir???jelas iya. Maka ketika kita mendahulukan kepentingan-kepentingan prioritas yang bermanfaat dalam hidup kita maka tentu kebutuhan yang lain bahkan kesenangan bisa mengisi kehidupan kita. Itulah pelajaran yang bisa kita ambil dari filosofi ini.
Lalu murid-muridnya bertanya..kopi tadi bermakna apa???? Jawabnya…dalam hidup ini…jangan lupa minum kopi… :D

Kala batin mengatakan hidup sangat berarti...Daurah Tadribiyyah Jum'at,150509





Posting Komentar

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader