.::Kata Ajaibku...IKHLAS::.

0 komentar
Serangkai suku kata yang sangat singkat tapi mengandung berjuta makna, bahkan ajaibnya bahwa suatu amalan ga bakalan diterima tanpanya. Luar biasa kata satu ini, semakin kita mampu meresapi maknanya maka kata ulama semakin perlulah kita memilikinya, dan barang siapa yang mengatakan telah memilikinya maka saat itulah dia perlu mencarinya...aneh bin ajaib...tapi peringkatnya sebagai syarat sebuah amalan menduduki posisi teratas. Tapi kali ini, Saya ga ingin menjelaskan ikhlas dari banyaknya dalil karena yakin dah terlalu sering pembahasannya. Yang simple aja, tips melatih ikhlas...Seperti diungkapkan praktisi dan pengajar penyembuhan holistik, Reza Gunawan.

1. Sering-seringlah berhenti dan bernafas (rileks) untuk mengistirahatkan pikiran. Manusia seringkali sulit mencapai keikhlasan karena pikirannya jalan terus. Dengan latihan ini, kita juga akan bebas dari ketegangan.

2. Selalu ingat bahwa segala sesuatu selalu akan berubah. Seseorang susah ikhlas karena menilai segalanya bersifat kekal, padahal apa yang tidak kita dapatkan sementara ini pada suatu hari nanti akan berubah. "Tidak ada yang kekal atau tetap, mungkin situasinya yang berubah atau keinginan kita yang berubah. Jadi apa yang kita sukai atau pun kita tak sukai tentu akan berubah," terang Reza..

3. Start di titik yang paling mudah. Belajarlah untuk mulai menerima hal-hal yang ringan atau gampang dulu. Untuk bisa merasa ikhlas memang tidak mudah dan terpulang kepada pribadi masing- masing. Tetapi mulailah untuk menerima kenyataan yang paling ringan dulu. Dengan begitu, otot ikhlas kita akan terlatih.

"Kalaupun memang tidak bisa juga ikhlas dengan perasaan kita sendiri, minimal ikhlaskan dulu bahwa kita memang belum bisa ikhlas. Jadi, pada tahap paling ringan itulah yang dapat menjadi pintu paling gampang menuju gerbang keikhlasan,"pungkasnya.

Sumber : Kompas, Rabu, 25 Juni 2008




Posting Komentar

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader