Bruxism

1 komentar
Bruxism merupakan kebiasaan grinding (menggesek-gesekan gigi) ataupun clenching (mengatupkan rahang atas dan bawah kuat-kuat). Biasanya dilakukan secara tidak sadar ketika seseorang berada dalam situasi yang membuatnya merasa stres atau cemas, bahkan dapat pula dilakukan ketika sedang tidur.

Kebiasaan bruxism yang parah dapat membuat email di permukaan kunyah gigi menjadi menipis bahkan bisa menimbulkan keretakan pada struktur gigi dan merusak tambalan gigi yang ada. Akibatnya gigi-gigi akan terasa linu ketika makan atau minum. Kondisi ini biasanya terjadi pada lebih dari satu gigi.

Selain berpengaruh ke gigi, bruxism juga dapat menimbulkan gangguan pada sendi rahang, sakit kepala ketika bangun pagi, dan rasa sakit pada daerah wajah yang tidak jelas penyebabnya.

Penyebab Bruxism

* Stress
* Premature contact ataupun maloklusi
* Cedera pada otak
* Gejala penyakit saraf dan otot wajah
* Efek samping obat-obatan psikiatrik (fluoxetine, sertraline dan paroxetine)
* Rokok, alkohol, kafein

Terapi

Terapi bruxism ada bermacam-macam tergantung dari penyebabnya.

Stress:
Psikoterapi, teknik relaksasi, obat-obatan untuk relaksasi otot rahang. Apabila terapi konvensional ini tidak berhasil dapat dilakukan penyuntikan botulinum toxin (botox) untuk melemaskan otot rahang.

Maloklusi ataupun premature contact:
Occlusal adjustment, restorasi gigi (onlay atau crown), ortodontik.

Cedera otak atau penyakit saraf dan otot:
Dengan terapi konvesional, apabila tidak berhasil dilakukan penyuntikan botox.

Obat-obatan psikiatrik:
Mengganti obat ataupun menghentikan penggunaannya dan menggantinya dengan bentuk terapi yang lain.

Melindungi gigi dari kebiasaan bruxism

bruxism attrition night guard

Untuk mencegah kerusakan gigi akibat bruxism, dapat digunakan night guard. Night guard merupakan suatu plat yang dibuat untuk menutupi permukaan kunyah gigi. Alat ini dipakai ketika tidur untuk melindungi gigi dan menghentikan kebiasaan bruxism ketika tidur.

Sumber


1 komentar:

  1. Dear Author www.qurratayun.co.cc !
    You commit an error. I can prove it. Write to me in PM.

    BalasHapus

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader