Ganglion!!!

3 komentar

Sabtu tanggal 9 januari 2010, operasi berjalan lancar. Setelah kurang lebih setahun merasakan tidak nyaman dengan benjolan di punggung pergelangan tangan kananku akhirnya berakhir sudah, moga pertama dan terakhir penyakit ini bersemayam di tubuhku...tapi, apa ini? apa sebabnya?harus operasikah? kata dokter ini Ganglion...hhmmm....

Ganglion bisa disebut sebagai sebuah kista yang tumbuh terutama di daerah sendi atau tendon. Pada daerah sendi, terdapat jaringan sinovium yang berfungsi menghasilkan cairan pelumas untuk melumasi daerah sendi. Ganglion muncul apabila sinovium ini dipenuhi oleh cairan sejenis jell bening lalu membesar dan menimbulkan benjolan. Selain karena trauma khronis pada daerah sendi, penyebab yang pasti dari ganglion masih menjadi tanda tanya besar.

Bagaimana bentuk dan gejala ganglion?


Ganglion bisa muncul pada semua jenis sendi terutama pada daerah pergelangan tangan dan kaki. Ganglion umumnya tidak sakit, tumbuh sebagai sebuah benjolan terlokalisir. Ganglion bukan merupakan akibat dari suatu reaksi inflamasi sehingga tidak ditemukan tanda tanda radang disekitarnya.

Bagaimana mengobati ganglion?

Ganglion terkadang dapat pecah sendiri dan menghilang. Bila tidak mau pecah, ganglion dapat diatasi dengan menyedot cairan yang ada didalamnya dengan jarum suntik besar. Umumnya ganglion diambil dengan cara operasi. Sayangnya, walau sudah diangkat, ganglion dapat tumbuh lagi dan perlu dipikirkan suatu penyebab sehingga bisa dicegah tumbuhnya ganglion yang berulang ulang.

sumber:www.blogdokter.net


3 komentar:

  1. Ganglion adalah penyakit yang disebabkan oleh kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Ganglion sendiri merupakan tumor yang menyerupai kista dengan dinding atau kapsul yang cukup tebal. Banyak orang awam menganggap hal ini adalah suatu penyakit yang berbahaya dan mematikan karena kemunculan GANGLION ini yang mirip dengan kanker atau tumor yaitu berupa benjolan pada tubuh. Padahal GANGLION bukanlah suatu penyakit yang mematikan atau berbahya. Sekalipun penyakit ini dibiarkan selama bertahun-tahun tetap tidak membahayakan bagi si penderita dan tidak terjadi hal-hal yang negatif.Karena hal tersebut, lama kelamaan GANGLION ini pun akan hilang dengan sendirinya.Walupun begitu kita harus tetap konsultasi ke dokter. GANGLION bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

    Penyebab

    Disebabkan karena terjadi kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini berfungsi untuk melumasi sendi sehingga tidak terjadi kerusakan pada tulang rawan pada saat terjadi gerakan atau gesekan.

    Cairan pelumas (terdapat pada bagian tendon dan urat yang menggerakkan tulang) yang bocor ini kemudian membentuk gelembung seperti kapsul (tendon sheath), yang mendesak kulit sehngga tampak benjolan pada permukaan kulit.

    Bocornya pembungkus cairan sendi ini disebabkan karena trauma atau benturan, jika kapsul atau pembungkus pelumas ini bocor, maka akan timbul GANGLION. Robeknya pembungkus pelumas mirip dengan penyebab bocornya pada cairan sendi.

    BalasHapus
  2. Lengkapnya di :
    http://narcissus02.multiply.com/journal/item/4

    BalasHapus
  3. Sdh hmpr 7 tahun yg lalu, wkt itu sy bru tamat SMP..
    Sy juga pernah dioperasi di pgelangan tangan kanan, dokter blg itu ganglion..
    Tyt ganglion spt itu ya..
    Sy bru tau, krn dlu msh sdkt info ttg ganglion krn mgkn kterbatasan informasi..
    Tp klo sy bandingkan bekas operasi sy dgn tangan kiri sy, kykx beda. Sptinya tumbuh lagi (tp mdh2n tidak) :)

    BalasHapus

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader