Tetap Bugar di Tengah Kesibukan

0 komentar
Tahukah Anda dengan istilah hipokinesia? Istilah kesehatan ini menunjukkan kurangnya aktivitas gerak pada tubuh manusia. Hipokinesia (kurang gerak), menjadi hal yang lumrah bagi orang-orang yang sibuk di kota-kota besar. Kesibukan kantor dan banyaknya pekerjaan seringkali menjadi alasan banyak orang untuk tidak berolahraga. Semakin banyak
dari kita yang terjerat rutinitas bekerja tidak mempunyai waktu untuk melakukan gerak badan yang manfaatnya sangat besar.

Padahal tanpa olahraga, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, lebih mudah lelah karena peredaran darah yang tidak lancar serta kerugian lainnya. Olahraga yang teratur diyakini dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan para ahli meyakini bahwa olahraga berpengaruh besar terhadap kinerja otak. 

Sebenarnya kesibukan bukanlah penghalang untuk berolahraga atau melakukan gerak badan,karena olahraga adalah kegiatan fisik yang sesungguhnya bisa disesuaikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Nah, bagaimana menyiasati olahraga di tengah kesibukan kita tanpa harus meluangkan waktu khusus untuk melakukannya. Bagaimana agar tubuh tetap bugar dan gerak badan menjadi hal yang menyenangkan.

Simak tips berikut : 

1. Usahakan untuk selalu menggunakan anak tangga sesering mungkin, jika perlu buang jauh-jauh keinginan untuk menggunakan lift atau tangga berjalan. Anda bisa menaiki tangga dengan cepat atau mungkin menaiki 2 anak tangga sekaligus atau sebaliknya.  

2. Berjalan kaki ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain murah meriah, siapapun bisa melakukannya. Berjalan kaki membantu Anda memperkuat tulang, membakar lemak dalam tubuh, serta sangat baik bagi jantung. Berjalanlah sebanyak yang Anda mampu.

Terdapat banyak cara agar Anda bisa berjalan, berjalan dan berjalan. Contohnya, parkirlah kendaraan agak jauh dari tujuan, jika Anda memindahkan barang-barang, jangan lakukan sekaligus sehingga Anda perlu berjalan bolak-balik, berbelanjalah sambil berjalan-jalan, dsb. 

3. Bermain bersama anak-anak. Anda akan mendapat 2 manfaat sekaligus. Selain menyenangkan buah hati Anda, hal ini juga menjadi sarana bagi Anda untuk menggerakkan badan. Bermainlah sepuasnya, berguling-guling, saling mengejar, bermain bola, dsb. 

4. Siapa bilang, bersih-bersih di rumah kegiatan yang hanya menghasilkan kelelahan. Gerak badan sambil melakukan kegiatan rumah tangga tentu sebuah kegiatan sambil menyelam minum air. Selain sehat badan, rumah pun menjadi bersih. Lakukan kegiatan mencuci baju, menyapu, mengepel (akan lebih efektif jika melakukannya tanpa gagang), membersihkan jendela, dan lain-lain dengan semangat.  

5. Mulailah melakukan hobi yang memerlukan gerakan badan, misalnya berkebun atau bertukang. 

Yang terpenting dari semuanya adalah motivasi. Mulai saat ini, niatkan untuk selalu hidup sehat dengan berolahraga, karena sehat merupakan kekayaan yang tanpa kita sadari tak ternilai harganya. (hrm/cyberMed/vision.net)


Posting Komentar

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader