Untuk Para Pemenang!!!

7 komentar
Tiap orang tentu ingin menjadi Pemenang. Saya , kamu, dia, siapa saja. Tentu banyak cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Kemarin..Qurrata~A'yun blogwalking ke blog-blog sahabat. Nah, ternyata...menjadi pemenang bukan hanya harus menjadi orang yang pintar atau bersekolah sampai jenjang universitas paling tinggi, sebagaimana kata blog ini.Bahkan, untuk jadi pemenang kitapun jangan sampai ketinggalan membaca artikel yang satu ini...

Salah satu kriteria “Para Pemenang“ , yaitu sosok yang sangat berhasil dalam bisnis dan karirnya, umumnya memiliki beberapa kebiasaan yang mungkin patut kita contoh. Berikut beberapa diantaranya:

1. Para Pemenang jarang berganti-ganti nomor HP.
Logikanya wajar, karena jarang berganti nomor HP, Para Pemenang mudah dihubungi ketika ada pihak yang membutuhkan produk atau jasanya. Orang yang kurang berhasil dalam usaha dan karirnya (untuk tidak menyebut mereka sebagai “orang yang kalah“) memiliki kebiasaan yang sebaliknya, yaitu sering berganti nomor HP, dan parahnya lagi sering tidak memberitahu kolega/klien. Hebatnya, ketika ditanya kenapa sering berganti nomor HP, mereka selalu saja punya alasan, entah HP hilang, SIM card rusak, dsb. Anehnya, selalu hanya mereka yg punya masalah2 tadi.

2. Para Pemenang selalu menerima panggilan jika HP nya dihubungi.
Ya, Para Pemenang kapanpun dihubungi selalu menerima panggilan dengan “greeting“ yang segar dan bersemangat seperti suasana di pagi hari. Tidak peduli jam berapapun dihubungi. Menyambut dengan salam buat mereka sama bergairahnya. Kecuali tentu ketika mereka sedang meeting. Itupun biasanya langsung callback selesai meeting. Sebaliknya, mereka yg kurang berhasil lebih sering tidak mengangkat panggilan masuk, atau lebih parah lagi mematikan HP nya.

3. Para Pemenang menggunakan SMS dengan bijak.
Para Pemenang umumnya sopan dalam ber-sms. Menggunakan pilihan kata yang sopan, seringkali diakhiri dengan terimakasih atau syukran. Dan tidak pernah menggunakan huruf besar secara sembarangan. Dalam nettiquete penggunaan huruf besar biasanya digunakan jika kita hendak “berteriak“ (flamming). Kebiasaan ini diteruskan di era SMS. Para Pemenang juga tidak menggunakan SMS untuk hal-hal yang urgent dan critical. Karena tidak setiap saat kita bisa reply SMS segera. Kalau memang urgent Para Pemenang biasanya langsung telpon saja. Tentu saja, Para Pemenang begini tidak termasuk umat “mis-kin- call“.

4. Para Pemenang menggunakan alamat email dengan namanya sendiri.
Silahkan diamati, umumnya Para Pemenang menggunakan alamat email sesuai namanya sendiri, tidak aneh-aneh. Mereka cukup percaya diri untuk mencantumkan nama-nya. Mungkin disingkat supaya tidak kepanjangan, tapi selalu nama mereka sendiri yang dicantumkan. Sementara mereka yang kurang berhasil kadang alamat emailnya aneh-aneh. Misalnya menggunakan nama julukan yang susah diingat (gendutz, peyanx, wanche, dst ...) Atau menggunakan nama selebritis (yang paling sering: beckham, baldwin, dsb ...) Padahal dalam bisnis kita perlu tahu dengan siapa kita berinteraksi.

Lagipula sudah tahu toh tidak mirip dengan Beckham, kenapa tidak menggunakan nama pemberian orang tua kita sendiri saja? Bill Gates atau Larry Pages juga tidak repot2 bikin alamat email coolprogrammer@ .... misalnya. Bahkan seorang teman pernah menerima email dari rekannya yang alamat emailnya “gondoruwopulogadung @ ...”, bisa dibayangkan betapa seramnya untuk me-reply email beliau.

5. Para Pemenang sopan dalam ber-email.
Umumnya email yang diterima dari Para Pemenang menggunakan salam pembuka dan salam penutup. Pilihan katanya sopan, dan tidak sembarangan menggunakan huruf besar. Dan dibawah salam, dengan percaya diri mencantumkan nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi. Mereka yang kurang berhasil, sering emailnya tanpa salam, kadang menggunakan kata yang tidak sopan, dan sembarangan memakai huruf besar (jadi yang nerima serasa diteriakin), dan tidak pe-de mencantumkan nama nya sendiri di bawah.

6. Para Pemenang selalu merespon email.
Para Pemenang selalu merespon setiap email yang masuk. Mereka ini adalah para CEO atau pemilik perusahaan kelas dunia. Namun meskipun ratusan email yang masuk setiap hari nya, mereka selalu menunjukkan bahwa mereka “care” dengan email yang mereka terima. Sekalipun kadang respon nya hanya berupa forward ke staff nya dengan pesan singkat “Pls follow up”, atau reply hanya: “Got it. Will revert to you later”. Tapi setidaknya mereka menunjukkan atensi. Sebaliknya, mereka yang kurang berhasil sering justru tidak mereply email yang mereka terima. Meskipun mereka pasti lebih banyak waktu.

7. Para Pemenang bijak menggunakan email.
Para Pemenang menggunakan email sesuai tujuan nya, yaitu untuk melakukan komunikasi.

Ok, jadi jelas bisa kita liat.bahwa seorang pemenang selalu punya cara atau kebiasaan tersendiri.

Apakah Anda juga seorang Pemenang? Anda bisa tambahkan kebiasaan " Para Pemenang" di kolom komentar...


Makasih buat DJODI ISMANTO , yang telah membagi ilmu, maaf sedikit diacak-acak tulisannya :).Moga sama2 dapat pahalanya...




7 komentar:

  1. assalmu'alaikum....salm ukhuwah, senang bisa bersilaturahmi ke blog ini.....it's nice blog and the article very usefull

    BalasHapus
  2. wA'ALAIKUMUSSALAAM...salam ukhuwah...sering2 kunjungannya ya...

    BalasHapus
  3. Pemenang itu.., yang mati dalam keadaan beriman.

    BalasHapus
  4. pemenang itu selalu mengambil sisi positif dari setiap kejadian, segera bangkit setelah jatuh dan selalu mengedepankan 'hiduplah untuk memberi sebanyak2nya dan bukan menerima sebanyak2nya'

    BalasHapus
  5. oya, untuk jadi pemenang, tidak semua orang harus tahu kesusahan-kesusahannya (#mario teguh)
    __________________________
    tapi kok komentar sy ga ada nyambung2nya ya sama nomor HP dan emailisasi seperti yg di inbox hhe. afwn

    BalasHapus
  6. assalamu'alaykum. Salam silaturahim.. Wah masya Allah indah sekali isinya.. Mau izin copas boleh tak? =)

    BalasHapus
  7. @Khafidl : Thanks for u'r comment, untuk jadi pemenang semua sisi emang harus disebutkan!

    @Ito kun: wa'alaikumussalaam...silahkan

    BalasHapus

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader