Menjaga Ketahanan Flashdisk

2 komentar
Flashdisk merupakan benda kecil nan mungil dengan berbagai ragam bentuk jenis, merek dan harga juga kualitas yang berbeda pula, hampir semua yang kenal dengan dunia komputer pasti tahu dengan benda kecil yang satu ini. Tahukah Anda kalo benda ini juga perlu perhatian. Jika Anda pengen tahu bagaimana merawat dan menggunakan flash disk dengan baik dan benar, coba simak dan praktekkan beberapa tips berikut ini :

1. Gunakanlah flashdisk sesuai dengan kebutuhan, jika hanya untuk menyimpan sebuah file yang ukurannya kecil dan jarang menyimpan file dengan ukuran yang besar,tidak usah menggunakan ukuran yang besar yang mencapai 8-16 Gigabyte karena akan menyisakan sebuah ruang space yang cukup besar, jika space itu jarang terpakai dapat menyebabkan kerusakan.
2. Jangan sering melakukan format pada flashdisk Anda. jika terkena virus lebih baik di scan daripada anda memformatnya.
3. Tutup/stop flashdisk Anda dengan aman, jika anda selesai menggunakannya jangan angsung di cabut.
4. Hindari terkena air, simpan ditempat yang kering dan jangan lembab. Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data hilang,mendingan tidak ambil resiko kan?
5. Jangan sering terjatuh. guncangan dapat menyebabkan kerusakan
6. Keawetan juga tergantung merk
7. Jangan menyimpan file-file yang sangat banyak kedalam flashdisk, jika memungkinkan lebih baik di zip. Karena semakin banyak menyimpan file maka proses menulis flashdisk juga akan lebih banyak, sehingga umurnya juga cepat berkurang.
8. Jika tidak begitu penting, hindari mengedit langsung dari flashdisk. Alternatifnya copy data di komputer, kemudian di edit dan setelah selesai baru kembali di copy ke Flashdisk.
9. Jika tidak dipakai/digunakan, lepas Flashdisk dari komputer.
10.Usahakan selalu melepas Flashdisk dari komputer melalui “Safety Remove Hardware” dan hindari langsung melepas ketika sudah dalam proses membaca/menulis, karena bisa saja rusak akibat arus listrik.
11.Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat. Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan hand phone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau pingin flash disk Anda berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat sama ya?!
12.Jauhkan Dari Tempat Panas .Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil.
13.Minimalisir Proses Hapus-Tulis . Sama seperti kita, flash disk juga memiliki usia lho. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda,tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk.

Sumber : Hasil pengeditan dari berbagai sumber


2 komentar:

  1. Ukh, bolehkah artikel2 di blog ini saya copy dan bagikan ke teman2?

    Fariz22

    BalasHapus
  2. Silahkan...boleh dengan menyertakan sumber asli sbagaimana yg kami cantumkan

    BalasHapus

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader