Perkuat Imunitas Tubuh

0 komentar
Mungkin melihat judul para pembaca dah bisa nebak apa yang dimaksud dengan imun tubuh bahkan dah tau gimana memperkuatnya, tapi jangan puaskan diri Anda sebelum membaca secara lengkap artikel dari sumber yang lebih terpercaya berikut ini, bukan mengapa...sekarang ini begitu banyak kita mendengar dan melihat jenis-jenis penyakit baru, maka ga ada salahnya kita bentengi diri kita dengan imun tubuh yang kuat.

Sistem imun adalah sistem pertahanan alami tubuh, terdiri atas rangkaian rumit yang terdiri atas sel, jaringan, serta organ-organ yang menyatu satu sama lain untuk menghalau subtansi asing (bakteri, virus, parasit, jamur) yang masuk ke dalam tubuh.

Bakteri, virus, parasit, jamur yang berada di mana-mana (sekolah, rumah, kantor, dan tempat-tempat lainnya berpotensi menimbulkan munculnya penyakit. Sistem imun yang sehat akan menjaga tubuh. Bagaimana caranya?
- Membangun hambatan yang akan menghentikan bakteri, virus, parasit, jamur memasuki tubuh.

1. Jika salah satunya dapat melewati hambatan, maka sistem imunitas akan memproduksi sel-sel darah putih, berbagai zat kimia, dan protein lainnya yang akan menyerang dan menghancurkan subtansi asing tersebut sebelum sempat bereproduksi.
2. Jika cara tersebut gagal, sistem imunitas akan memproduksi semakin banyak zat penyerang untuk menghancurkan subtansi asing yang telah bereproduksi.

Sistem imunitas dapat mengenai berbagai macam subtansi asing berbeda. Sistem imunitas dapat mempoduksi zat penyerang yang diperlukan untuk menyerang hampir semua jenis subtansi asing tersebut. Sistem imunitas terus bekerja sepanjang tahun karena harus terus menerus memberikan pertahanan terhadap segala macam subtansi asing dari dalam (racun yang mengendap) dan luar tubuh (udara, dan makanan yang berasal dari sumber yang telah tercemar, pengawet makanan, pewarna, perasa buatan, hewan ternak, tumbuh-tumbuhan yang berkembang biak dengan pupuk dan bahan kimia lainnya).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas, antara lain:

1. Usia
Semakin muda seseorang fungsi sistem imunitasnya belum sempurna.
2. Kematangan saluran cerna.
3. Lingkungan yang tidak bersih.
4. Infeksi
5. Status gizi.
6. Penyakit kronis yang diderita, seperti jantung, kanker, atau kelainan darah.

Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain:

1. Hindari penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak rasional karena dapat mengakibatkan mudah terserang penyakit lebih lama, dan juga sulit diatasi karena kuman telah kebal.
2. Tidur yang cukup. Kurang tidur dapat berakibat buruk bagi daya tahan tubuh.
3. Hindari alkohol, rokok, dan narkoba.
4. Hindari berdekatan dengan peroko (menjadi perokok pasif).
5. Mengkonsumsi air minimal 2 liter setiap harinya.
6. Mengkonsumsi makanan yang baik dan seimbang.
7. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air yang mengalir.
8. Mendapat cukup sinar matahri dan udara segar yang bersih.
9. Olahraga teratur.
10. Mengenadalikan emosi dan stres.
11. Bekerja dan beristirahat secara seimbang. Biasakan untuk tidur malam 7 hingga 8 jam setipa harinya.

InsyaALLAH dengan usaha merupakan sebuah solusi kesehatan Anda.


Posting Komentar

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader