Tidak Mood??Makan Aja..!

0 komentar
Seringkali badan letih, lemah, dan tidak bersemangat. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh kurangnya senyawa kimia tertentu. Kekurangan senyawa kimia yang disebut dengan serotonin membuat tubuh merasa depresi, lesu, dan tidak bergairah. Senyawa ini hanya akan diproduksi ketika tubuh mengandung cukup banyak zat tryptophan.

Serotonin dapat dilepaskan setelah mengkonsumsi gula dan pati. Efek dari serotonin adalah meningkatkan Suasana hati, menenangkan, dan mengurangi depresi. Peningkatan serotonin pada tubuh akan memuaskan keinginan untuk ngemil dan mengendalikan nafsu makan.

Dengan mengkonsumsi beberapa bahan makanan mampu meningkatkan mood Anda, sehingga lebih bersemangat. Berikut makanan yang mampu mengdongkrak mood Anda:

Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks mengandung gula dan pati yang mampu meningkatkan aktivitas serotonin di otak. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum, pisang, kentang, beras, gandum, roti, dan pasta.

Makanan tinggi protein
Makanan tinggi protein melepaskan asam glutamat yang meningkatkan kewaspadaan otak sehingga tubuh tidak lesu. Jenis makanan yang tinggi protein adalah susu, keju, yoghurt, kedelai, buncis, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Vitamin B
Vitamin B mampu mempengaruhi suasana hati karena kandungan asam folat. Asam folat membantu meningkatkan serotonin sehingga membuat mampu meningkatkan semangat Anda. Jenis makanan yang mengandung vitamin B adalah biji-bijian dan sayuran hijau.

Zat niasin
Zat niasin diperlukan fungsi syaraf karena mampu mengurangi rasa depresi dan kecemasan. Jenis makanan yang mengandung niasin adalah beras merah, buah delima, gandum, kalkun, domba, dan ikan.

Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang mampu membuat otot lebih relaks. Jenis makanan yang mengandung magnesium adalah almond, biji bunga matahari, biji delima, soba, bayam, alpukat, barley, dan tiram.

Selenium
Selenium bersifat anti-oksidan yang mampu meningkatkan energi dan mengurangi kecemasan. Jenis makanan yang mengandung selenium adalah bawang putih, kacang brazil, daging, dan ikan (terutama ikan tuna).

Omega 3
Asam lemak omega 3 membentuk 30% membran sel otak. Kekurangan omega 3 akan menyebabkan depresi. Jenis makanan yang mengandung omega 3 adalah salmon, tuna, dan kenari.

Coklat
Coklat merupakan salah satu makanan yang mampu mendongkrak mood menjadi lebih baik. Coklat dapat meningkatkan serotonin karena lemak yang dikandung melepaskan senyawa endorphin yang berefek menenangkan seperti marijuana (dalam jumlah yang lebih kecil).

Madu
Madu mengandung gula alami yang mampu memberikan energi instan dan stimulasi, sehingga bermanfaat bagi ketegangan fisik dan mental.

Teh hijau
Teh hijau memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Selain mengandung anti-oksidan cukup tinggi, teh hijau dipercaya mampu meningkatkan mood. The hijau mengandung asam amino yang dapat meningkatkan fokus dan member efek menenangkan pada tubuh.

Jika kita menggolongkannya sesuai dengan kondisi maka :

Sedih
Jika Anda membutuhkan dorongan kebahagiaan, cobalah konsumsi minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati. Minyak ikan tak hanya kaya dengan asam lemak Omega-3, yang membantu mengurangi depresi, perasaan negatif dan suasana hati, namun salmon dan tuna juga merupakan sumber vitamin B12, yang membantu meningkatkan suasana hati.

Takut
Banyak orang menderita fobia, mulai dari yang umum (seperti acrophobia – takut ketinggian) hingga yang khusus (seperti arachibutyrophobia – takut terhadap selai kacang). Mungkin pola makan Anda perlu diperiksa. Penelitian menunjukkan, kekurangan folat dapat menyebabkan ketakutan irasional dan kecemasan berlebihan, jadi cobalah tingkatkan asupan folat Anda – sama seperti memperbaiki suasana hati dengan Omega-3 – dengan mengonsumsi alpukat.

Marah
Lain kali saat merasa marah, cobalah konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membantu menenangkan Anda. Penelitian menunjukkan, Omega-3 dapat mengurangi perilaku agresif pada orang dewasa dan anak-anak dengan masalah perilaku yang parah, sementara penelitian di Jepang menyarankan wanita yang sedang marah untuk mengonsumsi zinc. Untuk memenuhi asupan nutrisi, konsumsilah kenari dan biji rami, yang banyak mengandung zinc dan asam lemak Omega-3.

Malu
Kita semua perlu meningkatkan kepercayaan diri dari waktu ke waktu, dan untungnya Anda mendapatkan uluran tangan untuk mengurangi rasa malu. Peneliti di McGill University di Montreal menemukan bahwa makanan yang mengandung tryptophan (asam amino esensial) membuat orang merasa lebih percaya diri. Sumber terbaik untuk tryptophan yakni daging (terutama ayam), ikan seperti salmon dan tuna, dan kacang-kacangan.

Patah hati
Banyak orang mengonsumsi cokelat untuk mengatasi patah hati, dan itu bukanlah hal yang buruk. Cokelat mengandung banyak zat kimia untuk mengurangi kesedihan, seperti magnesium yang membuat santai, anandamide yang menenangkan dan phenylethylamine yang meningkatkan suasana hati. Cobalah konsumsi cokelat gelap (tapi secukupnya!) untuk mengoptimalkan kesehatan.

Gelisah 
Jika Anda akan menghadapi wawancara atau presentasi, cobalah ganti kopi di pagi hari (yang dapat membuat Anda gelisah) dengan teh herbal. Efek chamomile yang menenangkan begitu kuat hingga dapat mengurangi gangguan kecemasan ringan hingga sedang, jadi cobalah secangkir teh chamomile untuk membantu mengurangi kegelisahan.

Stres
Apakah Anda merasa kewalahan karena hari yang sibuk atau merasa stres setelah bekerja, cobalah konsumsi beberapa blueberry untuk mengatasi stres. Blueberry tinggi vitamin C, yang dapat membantu tubuh mengatasi stres tingkat tinggi. Juga dilengkapi dengan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh Anda.

"Otak berkabut"
Jika Anda merasa bingung, tidak fokus, pelupa, atau pikiran Anda berjalan lambat, berikan otak Anda dorongan dengan minum secangkir teh hijau. Sekitar 80 persen otak kita terdiri dari air, minum air dapat membantu otak Anda tetap terhidrasi dan berfungsi optimal. Teh hijau juga membantu menjaga kewaspadaan Anda dengan mengatur kadar gula darah, membantu melindungi otak dan mengurangi resiko demensia (gejala yang disebabkan oleh gangguan otak).

Lesu 
Apakah Anda merasa lesu karena kurang tidur atau hanya merasa lesu, minum jus bit dapat menghidupkan kembali energi Anda. Ubi bit memiliki kadar gula tinggi dan banyak nutrisi berenergi seperti magnesium dan vitamin C. Lebih jauh lagi, para peneliti di University of Exeter menemukan bahwa jus ubi bit memungkinkan orang berolahraga kembali hingga 16 persen.

Berbagai Sumber



Posting Komentar

Silahkan beri komentar...atau langsung di Buku Tamu...Tentu kami mengharap komentar yang Anda kirim adalah komentar yang menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, jangan lupa cantumkan identitas Anda dan tidak menggunakan Anonim. syukran























youtube downloader